STRATEGI E-BUSINESS

STRATEGI E-BUSINESS

Strategi Bisnis

Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. (MIT Press, Cambridge, Ma.) Strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnisnya. Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis,likuidasi, dan joint venture.

Tingkatan Strategi

  1. Tingkat Korporasi: Strategi perusahaan yang memiliki saham (ownership) beberapa perusahaan lain
  2.  Tingkat Multi Divisi: Merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.
  3.  Tingkat Fungsional: Optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikan nilai (value) terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers)
  4.  Tingkat Operasional: Merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional-operasional perusahaan.

Manajemen Strategi

Manajemen strategi merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan.

Manfaat Manajemen Strategi

  1. Pemahaman yang lebih jelas atas visi strategis perusahaan.
  2.  Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara strategis memang penting
  3.  Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan lingkungan perusahaan yang lebih cepat

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Oleh Manajemen Puncak dalam Merumuskan Strategi

  1. Menentukan visi dan misi
  2. Mengembangkan profile perusahaan3.      Pengenalan produk6.      Memilih pilihan yang tepat9.      Sumber daya manusia12.  Menciptakan suatu sistem pengawasan
  3. 14.  Menciptakan umpan balik
  4. 13.  Penilaian terhadap sistem
  5. 11.  Bentuk, tipe, dan struktur organisasi
  6. 10.  Teknologi
  7. 8.      Memperhatikan pentingnya operasionalisasi
  8. 7.      Sasaran jangka panjang
  9. 5.      Mengidentifikasi beberapa pilihan
  10. 4.      Analisis kekuatan

Tahapan Strategi

  1. Perumusan Strategi :Pengembangan rencana jangka panjang untuk manejemen efektif dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kelemahan perusahaan
  2. Implementasi Strategi :Proses dimana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan memalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur3.      Evaluasi dan Pengendalian :Proses melalui aktivitasaktivitas perusahaan dan hasil kinerja serta dimonitor kemudian kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan

Sumber: http://rahmadani.net/lecturer/stmik-kaputama/e-bisnis/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s